Memaknai Kekalahan dan Kemenangan

Setiap ada kata kalah, pasti ada kata menang. Jika semua menang tidak akan ada kata kalah.

Saya berasumsi menang kalah dalam pertandingan itu hal biasa, hanya ada rasa menyesal ketika kata kalah di cap dalam hidup kita. Kalah bukan lah yang memalukan dan menang tidak selalu memuaskan. Terkadang kita tidak merasakan kepuasan dari kemenangan, dikarenankan kemenangan yang kita alami tidak sepenuhnya kita dapat dari usaha sendiri, dan terkadang kekalahan yang kita dapat, menjadi kebanggaan diri kita sendiri, karena kekalahan yang kita alami merupakan hasil kerja keras sendiri tanpa kecurangan.

Dalam kehidupan pribadi saya pernah mengalami kekalahan dan kemenangan. Kekalahan yang saya alami, pada awalnya membuat saya merasa rendah dan kurang percaya diri, tapi setelah saya intropeksi diri, kekalahan seharus tidak menjadi patokan bahwa saya rendah, saya harus bisa mengambil pengalaman dari kekalahan yang saya alami.
Dalam kehidupan kekalahan dan kemenangan itu selalu ada, karena kedupan ini merupakan perjuangan, tinggal kita saja yang bisa memaknai atas perilaku yang kita lakukan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Posts this month

Popular Posts this week