pancasila dalam kehidupan kampus


Pancasila Sebagai Paradigma dalam Kehidupan Kampus

Paradigma adalah suatu asumsi dasar dan asumsi teoritis yang umum dan suatu kerangka pikir orientasi dasar dari suatu perubahan yang merupakan suatu sumber hukum, metode, serta penerapan dalam ilmu pengetahuan, sehingga sangat menentukan sifat, ciri, dan karakter ilmu pengetahuan itu sendiri. Paradigma berarti cara pandang, nilai-nilai, metode-metode, prinsip dasar, atau cara memecahkan masalah yang dianutr oleh suatu masayarakat pada masa tertentu.
Menurut saya pancasila dalam kehidupan dalam kampus harus mewujudkan sistem pendidikan nasional yang demokratis guna memperteguh akhlak mulia, cerdas, sehat, berdisiplin, bertanggungjawab, berketrampilan dengan menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam rangka mengembangkan kualitas rakyat Indonesia. Namun banyak sekali aspek-aspek yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Mahasiswa-mahasiswa tidak menjalani aktifis sebenarnya. Banyak aksi demo yang seharusnya tidak ada hubungan nya dengan aktifitas mahasiswa pada hakikatnya. Bila kejadian ini terus dijalankan, bagaimana bangsa kita yang berkembang ini menjadi maju?
Seharusnya dalam menjalankan kegiatannya mahasiswa harus selektif dalam memilih aktifitas yang sebagaimana mestinya. Karena masa depan bangsa kita ada ditangan-tangan mahasiswa yang menjalankan aktifitasnya dengan sebagaimana mestinya. Coba bayangkan jika mahsiswa-mahasiswa hanya manjalankan aktiftas yang salah, tidak heran jika bangsa kita selalu berada dibawah pimpinan bangsa-bangsa lain.
Sekian artikel yang saya buat, jika ada kata-kata yang kurang berkenan mohon diperbaiki. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Posts this month

Popular Posts this week